Telkomsel Orbit Star 2 – Cara Order dan Solusi Kendala ketika Registrasi

Blog, Tips and Tricks, Tutorial

Halo! Bagi Anda yang sedang mencari alternatif provider internet dengan harga terjangkau, Anda bisa membaca pengalaman saya kali ini tentang Telkomsel Orbit Star 2. Semua dimulai dari cara order secara online dan solusi kendala saya ketika registrasi.

Alasan memilih Telkomsel Orbit

Kebutuhan internet saya kali ini bisa dibilang cukup boros jika saya harus menggunakan kuota di smartphone. Apalagi saya menggunakan dua nomor Telkomsel dengan sistem PascaBayar dan PraBayar. Tagihan internet saya untuk satu bulan kira-kira sekitar 500 ribuan. Tidak jauh berbeda jika saya memasang provider internet menggunakan kabel telepon yang menawarkan kapasitas internet unlimited.

Suatu ketika, saya tertarik dengan iklan modem Telkomsel Orbit ini. Ada dua jenis modem yang ditawarkan yaitu Orbit Star 2 dan Orbit Max. Saya mencoba untuk riset ulasan produknya terlebih dahulu. Banyak orang yang mengulas bahwa produk ini sangat recommended. Harga paket data yang disediakan juga tergolong sangat murah bagi saya. Mulai dari 20 ribu untuk paket data 10 GB hingga 130 ribu untuk 100 GB.

Setelah saya menimbang-nimbang dan menghitung, saya memutuskan untuk memilih Telkomsel Orbit Star 2.

Pemesanan Online

Beberapa hari kemudian, saya pergi ke outlet GraPARI di kota saya. Sayangnya, di outlet GraPARI di wilayah Pati belum menyediakan modem tersebut. Outlet paling dekat dengan kota saya yang menyediakan modem Telkomsel Orbit berada di Kota Kudus. Akhirnya, saya memutuskan untuk membeli modem itu secara online saja. Bagi Anda yang ingin membelinya secara online, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini.

  1. Silakan kunjungi website MyOrbit.
  2. Setelah menentukan modem apa yang ingin Anda beli, Anda bisa klik Beli Sekarang.
  3. Sistem akan meminta Anda untuk mengecek jangkauan lokasi Anda terlebih dahulu untuk memastikan sinyal Telkomsel bisa menjangkau wilayah Anda.
  4. Anda bisa memindah pinpoint lokasi Anda lalu klik Cek untuk melanjutkan.
  5. Jika wilayah Anda dapat dijangkau, sistem akan menampilkan informasi kekuatan jangkauan dan pilihan modem yang bisa Anda beli.
  6. Berikutnya, Anda harus mengikuti proses pembeliannya hingga akhir.
  7. Setelah melakukan konfirmasi dan pembayaran, Anda perlu menunggu pengiriman modem dengan estimasi 5 – 7 hari. Karena modem yang dibeli secara online akan dikirim dari kantor pusat yang berlokasi di Jakarta, bukan dari outlet terdekat dengan kota Anda.

 

Saya menunggu pesanan modem saya sekitar 5 hari. Saya senang sekali ketika paket pengiriman sudah datang. Saya langsung membuka paket dan isinya berupa:

  • 1 unit modem Telkomsel Orbit Star 2
  • 1 unit adaptor power
  • 1 buah nomor modem Telkomsel yang sudah termasuk dalam paket
  • 1 lembar panduan singkat untuk registrasi SIM modem

Selanjutnya, saya mencari tutorial dalam bentuk video dan mengikuti panduan singkat yang disertakan dalam paket.

Langkah Pemasangan Modem Orbit

Sebelum kita melakukan proses pemasangan modem Orbit, pastikan modem dan karti SIM Orbit sudah lengkap dan terpasang di dalam modem. Lalu, memastikan dan mencocokkan nomor IMEI dan kartu SIM Orbit di aplikasi MyOrbit dengan nomor IMEI di bawah atau belakang modem dan nomor kartu SIM Orbit yang tercantum pada kemasan kartu SIM Telkomsel di dalam box. Jangan lupa untuk menyimpan nomor tersebut untuk kebutuhan di kemudian hari.

Selanjutnya, kita juga perlu mengecek kondisi modem dan smartphone kita. Di kertas panduan, ditulis ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan demi kelancaran proses aktivasi modem Orbit, di antaranya yaitu:

  • Lampu indikator WiFi di modem menjadi putih atau biru ketika disambungkan dengan power adaptor.
  • WiFi di smartphone sudah dinyalakan
  • Posisikan modem di dekat kita

Sesudah memastikan kondisi modem, berikut adalah langkah untuk pemasangan modem Telkomsel Orbit:

  1. Mengunduh aplikasi MyOrbit  dan memasangnya pada smartphone.
  2. Login di aplikasi MyOrbit dengan memasukkan alamat email dan password.
  3. Nyalakan modem menggunakan adaptor power, lalu sambungkan kabelnya di belakang modem.
  4. Nyalakan wifi smartphone untuk menghubungkan jaringan ke modem. Kemudian ikuti perintah selanjutnya dan tunggu proses unlock modem hingga selesai.
  5. Siapkan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga) untuk mendaftarkan kartu SIM Orbit.

Kendala Saya ketika Proses Registrasi

Nah, pada langkah ke-5 tersebut, saya menemui kendala saat registrasi memasukkan nomor KTP dan KK. Proses tersebut saya ulangi sekitar 3-5 kali dan gagal. Saya mencoba cari cara namun saya belum menemukan solusi masalah itu di internet. Saya segera mengirim pesan kepada admin MyOrbit via Instagram. Tak lama kemudian, Admin menyarankan saya untuk pergi ke GraPARI terdekat untuk proses registrasi kartu SIM.

Esoknya, saya pergi ke GraPARI Pati. Saya juga berjaga-jaga membawa KK orang tua saya, kali saja memang nomor KTP saya tidak bisa digunakan registrasi. Setelah saya bertanya dan konsultasi kepada CS GraPARI, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan, di antaranya adalah:

  • Batasan registrasi nomor telepon menggunakan nomor KTP maksimal 3 nomor per operator.
  • Menurut CS GraPARI, bagi pemilik KK baru, ada kemungkinan sistem di Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) belum terbarui. Solusi yang ditawarkan CS GraPARI yaitu si pemilik KK baru diminta untuk pergi ke Dukcapil dan meminta untuk diaktifkan atau diperbarui nomor KK agar bisa digunakan untuk registrasi kartu.
  • Kita bisa mencoba mendaftar kartu SIM menggunakan KK lama.

Lalu, saya pulang ke rumah dan mencari berkas KK lama saya. Saya coba sekali lagi dan alhamdulillah, BERHASIL! Modem Telkomsel Orbit saya bisa berfungsi dengan baik setelah proses registrasi berhasil.

 

Kode Referral

Nah, bagi Anda yang ingin membeli modem Telkomsel Orbit, Anda bisa menggunakan Kode Referral saya : AZZYW0E (angka nol sebelum huruf E). Dengan menggunakan kode tersebut, Anda akan mendapat bonus paket data sebesar 5GB/7 hari saat pembelian!

 

Kontak Telkomsel

Anda bisa mencari tahu informasi menarik lainnya mengenai MyOrbit di blog.myorbit.id. Anda juga bisa membaca pertanyaan umum selengkapnya di myorbit.id/help. Jika masih ada pertanyaan seputar MyOrbit. Anda juga bisa menghubungi Admin melalui media sosial, salah satunya instagram @myorbitid.

 

Sekian cerita pengalaman saya tentang registrasi Telkomsel Orbit ini. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.