Menulis Ulasan Buku di GoodReads

Book, Review

Di artikel sebelumnya, saya bercerita tentang bookstagram. Nah, masih terkait buku, kali ini saya ingin berbagi tentang menulis ulasan buku di platform GoodReads.

Apa itu Goodreads?

Menurut WikipediaGoodReads adalah situs jaringan sosial yang mengkhususkan pada katalogisasi buku. Di sana, terdapat beberapa fitur yang sama seperti situs jaringan sosial yang lain, seperti fitur pertemanan (friend), kelompok (group), dan diskusi (discussion).

Di GoodReads, para pengguna bisa saling berbagi rekomendasi buku bacaan melalui ulasan atau review maupun komentar. Pengguna juga bisa menampilkan daftar buku yang sudah dibaca (read), buku yang sedang dibaca (currently reading), dan akan dibaca (to read).

 

Menu

Fitur-fitur yang ada di Goodreads di antaranya adalah:

  • Profil pengguna

goodreads-profile

 

 

Sebagai pengguna, kita bisa menampilkan informasi seperti website, ketertarikan (interests), dan jenis buku yang disukai. Selain itu, kita juga bisa mengunggah foto-foto buku yang kita suka, melihat daftar buku yang sudah kita baca (read), yang sedang kita baca (currently reading), dan yang ingin kita baca (to read).

  • Friends

Seperti halnya media sosial, kita bisa menambah teman di GoodReads. Sehingga, kita bisa melihat buku-buku yang sudah atau sedang dibaca oleh sesama anggota. Kita juga bisa berkomentar dan memberi peringkat (rating) pada buku yang direkomendasikan teman kita.

  • Mybooks

goodreads-mybooks

 

Di fitur MyBooks, kita bisa menambahkan daftar buku yang sudah kita baca, sedang kita baca, atau berencana untuk membaca. Kita juga bisa memberi ulasan atau review dan bisa dilihat oleh anggota GoodReads lainnya.

  • Find books

Dengan fitur Find books, kita bisa mencari buku yang kita inginkan dengan mengetik judul atau penulis buku.

  • Browse

Di fitur ini, kita bisa melihat rekomendasi buku berdasarkan jenis atau genre buku, nominasi buku terpilih, dan eksplor buku-buku baru juga berita.

  • Community

Dalam fitur ini, kita bisa menemukan banyak hal. Seperti group, kita bisa bergabung dengan kelompok berdasarkan ketertarikan pada genre yang kita sukai. Selain itu, kita juga bisa berdiskusi tentang buku, melihat kutipan populer, bertanya pada penulis, dan menyelesaikan game kuis tentang buku. Kita juga bisa melihat creative writing dari para anggota GoodReads dari berbagai daerah.

 

Menjadi Anggota

 

Saya mulai tertarik menjadi anggota GoodReads, ketika saya membaca suatu utas di media sosial Twitter. Pemilik utas tersebut melampirkan buku-buku yang sudah ia baca dan ia ulas di GoodReads. Saya kagum sekali, karena ia bisa membaca lebih dari 100 buku dalam satu tahun.

Saya mengunjungi laman GoodReads milik @hzboy Cara menulis ulasannya pun baik dan menarik. Dari situlah, saya juga ingin memulai untuk menulis review buku-buku yang sudah saya baca selama ini. Meski resikonya adalah membaca ulang kembali. Jika Anda ingin berkunjung di akun GoodReads saya, bisa mengunjungi di sini. Semoga sudah banyak ulasan yang saya tulis di sana 😂.

 

Salah satu kutipan yang selalu mengingatkan saya untuk terus menulis yaitu kutipan dari penulis Pramoedya Ananta Toer.

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” ― Pramoedya Ananta Toer

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.