Moist Diane untuk Perawatan Rambut Rontok

Moist Diane untuk Perawatan Rambut Rontok

Rambut menjadi salah satu bagian tubuh yang harus diperhatikan. Kali ini, saya akan berbagi ulasan tentang suatu produk yaitu Moist Diane Extra Volume & Scalp untuk perawatan rambut rontok saya.

 

Masalah Rambut

Rambut rontok menjadi masalah yang sudah lama sekali sulit untuk saya atasi. Apalagi, jika saya ada acara seharian menggunakan hijab, masalah ketombe pun juga ikut menghampiri.

Saya sempat mencoba beberapa merek sampo lokal, baik sampo anti rontok atau sampo anti ketombe. Suatu hari, ketika saya menonton sebuah video tentang perawatan rambut, ternyata ada hal yang belum saya ketahui.

Jika memiliki masalah dengan rambut rontok, tapi menggunakan sampo anti ketombe, akibatnya rontok akan semakin parah. Sedangkan, jika menggunakan sampo anti rontok dan bilasnya kurang bersih, akan muncul masalah baru yaitu ketombe.

Dari pengalaman, saya rasa hal itu memang benar. Karena ketika saya menggunakan sampo anti ketombe, kulit kepala memang terasa segar, tidak berketombe, namun rontoknya semakin menjadi-jadi. Lalu, saya mengganti sampo tersebut dengan sampo anti rontok, eh ketombe saya jadi luar biasa banyaknya. Rambut saya menjadi kusut dan sulit diatur. Saya jadi bingung, karena sampo merek lokal belum ada yang memiliki kombinasi untuk mengatasi beberapa masalah rambut sekaligus seperti yang saya alami.

 

Moist Diane Extra Volume & Scalp

 

Tak patah semangat, saya mencoba sekali lagi untuk mencari rekomendasi perawatan rambut yang permasalahannya rontok dan ketombe. Lalu, saya menemukan sebuah video di YouTube yang memberi ulasan tentang produk sampo dan kondisioner dari Jepang. Nama produknya adalah Moist Diane. Produk tersebut memiliki beberapa varian. Nah, varian yang saya coba kali ini adalah Moist Diane Extra Volume & Scalp.

moist-diane

 

Kandungan untuk Perawatan Rambut Rontok

 

Sebelum mencoba produk ini, saya mencari tahu terlebih dahulu kandungan apa saja yang diperlukan untuk perawatan rambut rontok. Selain kekurangan nutrisi dari dalam, rambut yang kusut dan susah diatur, juga menjadi salah satu penyebab kerontokan yang semakin parah.

Menurut website my-best, ada beberapa kandungan yang dibutuhkan untuk mengatasi rambut rontok. Nah, setelah saya cek, ada beberapa kandungan yang sama di sampo dan kondisioner Moist Diane Extra Volume & Scalp.

 

Kandungan Bahan Pelembab

  • Glycerin
  • Ceramide : Ceramide 5, Ceramide NP, Ceramide AP, Ceramide EOP
  • Collagen : Hydrolyzed Collagen
  • Argania Spinosa Kernel Oil

 

Salah satu unsur kandungan yang diunggulkan dari produk ini adalah minyak argan (argania spinosa). Menurut website alodokter, minyak argan ini mengandung vitamin E yang bisa memperlambat sel-sel tubuh dari kerusakan, omega-3, dan antioksidan polifenol, beta-karoten, serta xantofil.

Minyak argan dapat menutrisi dan menjaga kelembapan rambut, menjaga kesehatan kulit kepala, membuat rambut menjadi halus, berkilau, serta mudah diatur. Nah, cocok sekali untuk rambut saya yang sulit diatur ini.

Manfaat lainnya yang tidak kalah penting adalah minyak argan dapat memperbaiki kerusakan rambut seperti rambut patah dan bercabang. Vitamin E yang terkandung di minyak argan diyakini dapat merangsang pertumbuhan rambut dan mampu mencegah kerontokan. Wah, kalau seperti ini, saya jadi tidak ragu untuk mencobanya!

 

Kandungan untuk Melembutkan Rambut

  • Keratin : Pottasium Cocoyl Hydrolyzed Keratin, Hydrolyzed Keratin, Keratin
  • Silk : Hydrolyzed Silk

 

Kandungan unggulan lainnya dari produk ini yaitu Keratin. Mengutip dari website Female Daily, Keratin merupakan protein yang dapat ditemukan pada rambut, kulit, dan kuku. Rambut menjadi area yang paling banyak menyimpan keratin sekitar 95%. Keratin juga memiliki tugas untuk melindungi lapisan di setiap helai rambut dan kekuatan dari dalam.

Selain itu, keratin juga bermanfaat dalam memperbaiki rambut rusak, melembutkan dan menghaluskan rambut agar lebih mudah diatur. Rambut juga semakin berkilau dengan kandungan keratin ini.

 

Tips untuk Mencuci Rambut

 

Selain menggunakan sampo dan kondisioner yang pas, alangkah baiknya jika kita juga mengetahui bagaimana cara mengurangi kerontokan. Berikut beberapa tips mencuci rambut dengan cara yang benar, yang sebagian dikutip dari website hallosehat.

1. Menyisir rambut

Untuk rambut yang susah diatur dan kusut, salah satu faktor penyebabnya adalah jarang menyisir rambut dan sering mengikat rambut terlalu kencang. Nah, kita bisa menyisir rambut terlebih dahulu sebelum keramas. Agar ketika keramas, rambut tidak terlalu banyak yang rontok.

2. Menggunakan sampo sesuai dengan jenis rambut

Seperti yang saya tulis di awal artikel, penting untuk mengetahui sampo yang cocok dengan jenis rambut dan permasalahan rambut kita.

3. Basahi dengan air hangat (sebelum mencuci)

image : siswapedia

 

Air hangat dapat membantu menghilangkan sebum atau minyak dan kotoran dari kulit kepala. Air hangat ini bertujuan untuk membuka kutikula rambut agar bisa menyerap nutrisi dari sampo dan kondisioner nanti. Namun, ketika proses mencuci rambut, usahakan jangan menggunakan air hangat. Karena bisa membuat kulit kepala kering serta rambut bercabang.

4. Gunakan sampo sesuai takaran

Kita bisa melihat takaran cara pakai sampo di setiap merek. Tapi, kita dapat menggunakannya sesuai dengan ketebalan dan panjang rambut kita masing-masing. Usahakan sampo yang kita gunakan tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Di produk Moist Diane, dianjurkan untuk menggunakan 1-2 pompa saja.

5. Memijat kulit kepala

Proses yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Karena memijat kulit kepala bertujuan agar nutrisi dari sampo bisa diserap dengan baik oleh kulit kepala. Selain itu, teknik keramas ini juga bisa membersihkan rambut dari sisa-sisa sampo. Proses ini juga bisa merangsang pertumbuhan rambut serta membuat kepala kita menjadi lebih rileks.

Gerakan yang pas untuk memijat yaitu dengan gerakan memutar menggunakan ujung jari dan mengikuti garis rambut. Hindari menekan dan menggosok kulit kepala terlalu keras.

6. Membilas dengan air dingin

Perlu diingat, jangan membilas rambut dengan air hangat. Gunakan air dingin agar kutikula pada rambut tertutup kembali. Bilas sebersih mungkin sampai rasa licin di rambut menghilang.

7. Menggunakan Kondisioner

Kondisioner menjadi bagian wajib untuk hasil yang maksimal. Gunakan kondisioner setelah mencuci rambut dengan sampo. Usapkan secara merata di seluruh rambut dan HINDARI bagian kulit kepala. Diamkan beberapa saat, lalu bilas sampai bersih.

8. Mengeringkan Rambut

Mengeringkan rambut ternyata juga memerlukan teknik khusus, tidak boleh asal-asalan. Apalagi menggunakan hair dryerย atau membiarkan rambut yang basah hingga kering dengan sendirinya pun itu kurang baik.

Kita bisa mengeringkan rambut dengan cara menutupi rambut yang basah dengan handuk kering, agar air meresap ke handuk. Hindari menggosok atau menyisir rambut dalam keadaan basah. Keringkan dengan cara sesekali menggerakkan rambut dengan udara sekitar. Untuk rambut ikal, sebaiknya menunggu agak lembap, lalu sisir rambut dengan sisir bergigi jarang. Kurangilah penggunaan hair dryer karena itu bisa beresiko rambut menjadi cepat rusak.

Mencuci rambut sebaiknya dilakukan rutin 2 hari sekali atau tergantung aktivitas masing-masing. Terlalu sering mencuci rambut bisa membuat kulit kepala kering, jarang mencuci rambut juga membuat rambut kita jadi lepek. Jadi, harus pas, ya ๐Ÿ˜„

 

Akhirnya, saya memutuskan untuk mencoba Moist Diane Extra Volume & Scalp ini tanggal 2 Februari 2021. Semoga berhasil dan cocok, supaya saya bisa berbagi pengalaman setelah menggunakan produk ini di artikel berikutnya ๐Ÿ˜„.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *