miya-gouache

Pengalaman Pertama menggunakan Miya Gouache

Painting, Playground

Halo~ Semoga hari-harimu makin bahagia, ya! Artikel kali ini, saya ingin menulis pengalaman pertama saya menggunakan Himi Miya Gouache.

Event Miya Arts Indonesia

Gouache Your Way 2020

Kemarin salah satu ilustrator yang saya ikuti, memposting sebuah tantangan dari Miya Arts Indonesia. Challenge  tersebut disponsori oleh @MiyaArtsIndonesia dengan hashtag #GouacheYourWayID . Hadiah yang ditawarkan cukup menarik, yaitu Himi Gouache Paint Set dari Miya Arts.

Bagi yang tertarik untuk mengikutinya, ada 3 referensi gambar yang berwarna black and white. Kita bisa berkreasi dengan warna dan detail yang kita suka. Syarat lebih lengkapnya bisa dilihat di sini. Batas pengumpulannya sampai 31 Desember 2020.

Nah, kebetulan, awal bulan Desember, saya membeli Miya Gouache Tube Paint Set 12 colors x 12ml tubes. Selain harganya yang murah untuk pemula, Gouache ini diklaim memiliki kualitas yang cukup bagus. Sebelumnya saya belajar tentang watercolor. Tapi saya juga tertarik untuk mencoba hal baru lagi seperti menggunakan Gouache ini.

 

Pengalaman Pertama

Sebelum saya mulai mencoba, saya mencari referensi cara menggunakannya terlebih dahulu. Karena ini pengalaman pertama saya melukis menggunakan Gouache.

Ternyata tekniknya tidak jauh berbeda dengan watercolor. Tapi cukup menantang juga, karena Gouache ini mudah kering. Disarankan juga agar membedakan kuas yang digunakan untuk Gouache dan watercolor. Lebih baik menggunakan kuas sintetis yang harganya termasuk murah.

Setelah belajar tahap awal, saya pun menyiapkan beberapa peralatan untuk melukis, di antaranya yaitu :

  • Miya Gouache Tube Paint Set 12 colors x 12ml tubes
  • Watercolor Paper Artemedia A6 200gr
  • Kuas dan Pallete
  • Pensil warna untuk membuat sketsa
  • Tissue Paper / Towel
  • 2 Water Jar
  • Spray Bottle
  • Masking Tape

Langkah pertama, saya membuat sketsa sesuai referensi yang ingin saya lukis. Referensi pertamanya yaitu Mountain and Meadow. Lalu, saya mencoba untuk berkreasi dengan warna-warna primer seperti merah, hijau, biru, kuning, putih, dan hitam.

Ini referensi pertama yang ingin saya coba.

Dan berikut adalah hasil lukisan saya.

miya-gouache

Hmm, karena masih pertama kali, saya belum bisa beradaptasi dengan Gouache ini. Tangan saya masih mengaplikasikannya seperti saya menggunakan watercolor. Saya lupa, kalau menggunakan Gouache ini tidak disarankan dengan metode wet-to-wet. Jadi, saya harus banyak belajar setelah ini ~(*´▽`*)~

Nah, apakah kalian tertarik untuk mencoba Gouache juga?

Leave a Reply

Your email address will not be published.